Tes Penerimaan CPNS 2018 Segera Dibuka, Ini Bocoran Sistem Penilaiannya

SITUSPNS.COM--Pemerintah dalam waktu dekat akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Formasi tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan diprioritaskan dalam penerimaan CPNS 2018 ini.

Seleksi penerimaan CPNS 2018 menurut Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan memberlakukan sistem Computer Assisted Test (CAT). CAT adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS.
Lalu bagaimanakah sistem penilaiannya? Berikut bocorannya seperti dikutip Okezone dalam buku Tim Garuda Eduka All-New Tes CPNS 2018/2019, Jakarta, Kamis (19/7/2018).
Sistem Penilaian CAT
Tes yang akan ada dalam tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
Untuk instansi yang seleksinya menggunakan CAT, jumlah keseluruhan soal sebanyak 100 soal pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban (A, B, C, D dan E). Penelitannya adalah 30 soal TWK (nilainya 0 jika salah dan 5 jika benar), 30 soal TIU (nilainya 0 jika salah dan 5 jika benar) dan 40 soal TKP (nilainya dari skala 1 s.d. 5,tidak ada nilai nol).
Maka dari itu, jika seluruh soal dijawab dengan tepat, nilai maksimumnya adalah 500. Nilai Ambang Batas SKD CAT Seleksi CPNS 2018 berdasarkan Permenpan No. 22 Tahun 2017 adalah 75 untuk TWK, 80 untuk TIU, dan 143 untuk TKP.
Nilai ambang batas tersebut adalah nilai minimum yang harus dipenuhi dalam setiap subtes bagi paracalon CPNS. Artinya, peserta ujian CPNS akan lolos jika nilai yang didapatkan pada setiap subtes memenuhi nilai ambang batas tersebut. Sebaliknya, berapapun nilai total yang didapatkan tidak akan berpengaruh jika ada salah satu subtes yang nilainya di bawah ambang batas.
Peserta yang memenuhi passing grade dan dinyatakan lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) selanjutnya berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). SKB akan diujikan bergantung kepada Kementerian dan Instansi terkait dan berbeda satu sama lain.
Sumber: okezone.com
Demikian informasi mengenai Bocoran Sistem Penilaian CPNS 2018 semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tes Penerimaan CPNS 2018 Segera Dibuka, Ini Bocoran Sistem Penilaiannya"

Posting Komentar