Baca !!, Persyaratan Umum dan Khusus CPNS 2018

SITUSPNS.COM--Tahun 2018 pemerintah akan kembali membuka kran penerimaan CPNS dengan quota yang lebih besar daripada tahun sebelumnya untuk mengisi banyak kursi kekosongan di tiap instansi diakibatkan banyaknya ASN yang memasuki masa pensiun.




Pelaksanaan pendaftaran CPNS itu sendiri akan segera digelar dalam beberapa waktu mendatang di situs sscn.bkn.go.id 

Informasi Umum CPNS 2018

Berikut adalah beberapa informasi penting yang perlu diketahui, terkait rencana penerimaan CPNS 2018.

  • Quota Formasi Penerimaan CPNS tahun 2018 adalah diperuntukan untuk pusat dan daerah.
  • Sistem penerimaan CPNS akan menggunakan "Minus Growth" dimana jumlah formasi CPNS yang akan diterima tidak akan melebihi jumlah ASN yang pensiun. Sementara angka PNS yang memasuki masa pensiun sebanyak 250 ribu orang, yang terdiri dari 38.000 PNS pusat dan sisanya PNS daerah.
  • Kebutuhan CPNS diprioritaskan untuk jabatan fungsional (tertentu) dan jabatan teknis lain yang mendukung tugas inti (core business) instansi. Khusus untuk pemerintah daerah diprioritaskan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan, serta jabatan-jabatan yang mendukung pembangunan infrastruktur. 
  • Usulan formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) paling lambat diserahkan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) pada akhir Januari 2018
  • Jumlah quota formasi penerimaan CPNS daerah lebih besar porsinya dibanding formasi CPNS pusat.
  • Khusus formasi CPNS daerah, akan disesuaikan dengan usulan bupati dan gubernur sesuai dengan kompetensi bidang apa saja yang akan dikembangkan di daerah bersangkutan. 
  • Daerah yang belanja pegawainya lebih dari 50% dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tidak akan mendapatkan formasi.
  • Tes menggunakan sistem CAT CPNS dan kelulusan berdasarkan passing grade yang ditetapkan
  • Untuk mengikuti seluruh seleksi CPNS, para peserta tes TIDAK DIPUNGUT BIAYA apapun. 
Sebagai persiapan menjelang dibukanya pendaftaran, asncpns menyarankan kepada calon pelamar untuk 
  1. Mempersiapkan persyaratan pelamaran.
  2. Mempersiapkan data-data kependudukan yang valid (KTP, Kartu Keluarga). Apabila terdapat ketidaksesuaian atas data-data kependudukan, disarankan agar calon pelamar segera memperbaharui data dimaksud di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat.
Persyaratan Umum CPNS
  1. 1.Setiap warga negara Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk melamar menjadi PNS dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut.
  2. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI I POLRI, Pegawai BUMN I BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  5. Tidak berkedudukan sebagai Galon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNI, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah.
  6. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar.
  8. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir)
  9. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  10. Bagi Wanita tidak bertato I bekas tato dan tindik I bekas tindik anggota badan lainnya selain di telinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat dan bagi Pria tidak bertato I bekas tato dan tindik / bekas tindik di anggota badan kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat.
  11. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan, dari Perguruan Tinggi negeri atau swasta dengan Program Studi yang terakreditasi minimal B/Sangat Baik dari Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) pada saat ljazah tersebut dikeluarkan, jika akreditasi tidak tertulis didalam ljazah, maka dibuktikan dengan surat keterangan dari fakultas (Surat Keterangan Lulus Sementara tidak berlaku).
  12. Pelamar merupakan lulusan Sarjana/S-1 dan Diploma Ill /D-111 dengan lndeks Prestasi Kumulatif (IPK) Minimal 2.75 (Dua koma tujuh lima) skala 4,00 (Empat koma nol) yang dibuktikan dengan fotokopi ljazah dan Transkrip Nilai yang dilegalisir sekurang-kurangnya oleh Dekan atau sederajat (wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman Seleksi Kompetensi Dasar/CAT).
  13. Usia Minimal 18 tahun dan Maksimal 35 Tahun.
Persyaratan Khusus CPNS

Persyaratan khusus adalah persyaratan tambahan CPNS lainnya yang diberikan oleh masing masing instansi pemerintah sesuai kebutuhan jabatan. Persyaratan khusus antara instansi satu dengan instansi lainnya akan berbeda. Beberapa Persyaratan khusus yang biasa dipersyaratkan kepada pelamar diantaranya adalah:

  • TOEFL/TOEFL Prediction dari Lembaga Bahasa Perguruan Tinggi Negeri atau UPT Bahasa Perguruan Tinggi Negeri atau lembaga pendidikan Bahasa Inggris terakreditasi dengan nilai minimal 450. ( Kementerian PU, Kementerian BUMN, Kementerian ESDM, Lemsaneg) 
  • Menguasai bahasa lnggris dengan baik (lisan dan tulisan), dan/atau bahasa Perserikatan bangsa-bangsa (PBB) lainnya (Arab, Spanyol, Cina, Perancis, dan Rusia), dan/atau bahasa asing lainnya (Jepang) (Persyaratan khusus formasi Diplomat Kemenlu)
Berkas Kelengkapan

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan bagi calon pendaftar CPNS tahun 2018, diantaranya adalah:
  1. Pendaftaran CPNS akan dilakukan secara online di sscn.bkn.go.id
  2. Memiliki email aktif
  3. Sediakan scan pas foto berukuran 2x3, 4x6 berlatar belakang merah dengan format JPEG dan maksimal file ukuran 300KB
  4. Scan ijazah dalam format PDF dengan maksimal file sebesar 300KB
  5. Scan Transkip Nilai dalam format PDF dengan maksimal file ukuran sebesar 300KB
  6. Scan Akte Kelahiran (PDF) max 300KB
  7. Scan KTP (JPEG) max 300KB
  8. Scan bukti akreditasi jurusan (PDF) max 300KB
Proses Seleksi

  1. Proses seleksi adalah menggunakan sistem CAT CPNS
  2. Tes terdiri dari seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (TKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (TKB)
  3. Materi ujian TKD meliputi Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Inteligensia Umum, dan Tes Karateristik Pribadi. 
  4. TKD diselenggarakan bagi pelamar yang telah mendaftar pada portal nasional sesuai dengan ketentuan tatacara pendaftaran, dan telah mencetak Kartu Tanda Peserta Seleksi.
  5. Pada saat pelaksanaan tes TKD, setiap pelamar wajib menunjukkan Kartu Tanda Peserta Seleksi dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli yang masih berlaku yang digunakan saat registrasi pendaftaran, serta mengisi daftar hadir yang telah dilengkapi dengan pas foto pelamar.
  6. Pelamar hanya dapat melaksanakan TKD pada lokasi dan waktu yang telah ditentukan.
  7. Beberapa Kementerian menerapkan tes tambahan seperti tes kesehatan dan kebugaran dan tes kesamaptaan
Passing Grade CPNS

Jumlah soal yang akan diberikan pada tes seleksi CAT CPNS sebanyak 100 butir soal dengan lama waktu pengerjaan 90 menit.

Nilai CPNS sendiri akan ditentukan berdasarkan passing grade. Passing grade 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 untuk Intelegensia Umum (TIU) dan 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Passing grade ini tidak berlaku untuk peserta seleksi pada jalur khusus, yakni cumlaude, putra-putri Papua/Papua Barat, serta bagi peserta dari kelompok disabilitas. Untuk ketiga kelompok itu akan menggunakan perangkingan

Kelulusan Akhir

Kelulusan Akhir ditentukan berdasarkan hasil integrasi Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang yang diatur dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Kelulusan akhir adalah hasil integrasi nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yaitu :
  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan bobot 40%;
  • Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan Bobot 60%;

Ketentuan Lain
  1. Apabila pelamar memberikan keterangan/data yang tidak benar dan di kemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan seleksi maupun setelah diangkat menjadi CPNS/PNS, maka Kementerian atau instansi yang bersangkutan berhak menggugurkan kelulusan tersebut dan/atau memberhentikannya sebagai CPNS/PNS, menuntut ganti rugi atas kerugian negara yang terjadi akibat keterangan yang tidak benar tersebut, dan melaporkan sebagai tindak pidana ke pihak yang berwajib karena telah memberikan keterangan palsu.
Sumber: asncpns.com
Semoga informasi ini bermanfaat untuk rekan-rekan semuanya.Silahkan share juga buat rekan-rekan yang lain.

Subscribe to receive free email updates:

118 Responses to "Baca !!, Persyaratan Umum dan Khusus CPNS 2018"

  1. semakin ketat dan semakin banyak persyaratannya.

    BalasHapus
  2. Hama, rumitnya, pake test tofl segala lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu berlaku di Beberapa Instansi namun untuk CPNS daerah saya rasa tidak akan ada tes Toefel lagi

      Hapus
    2. Berarti kalo ipk di bawah 2,75 gk punya kesempatan ikut?
      Sedangkan kemampuan seseorang tak hanya ditentukan melalui ipk dong?

      Hapus
    3. setuju.. kadang2 nilai seseorg di dpt dari kenalan dan rasa kasihan semata.. sulit murninya.. jadi setuju bila ipk tdk menjamin dlm menentukan kemampuan seseorg..

      Hapus
    4. Makanya kuliah yg bener, jng kebanyakan pacaran.. Hahahhaa

      Hapus
    5. Setuju bung ipk tidak bisa menjamin kemampuan seseorang yg paling dibutuhkan sekarang itu skill (kita butuh aksi/tindakan bukan teori/retorika)

      Hapus
    6. Semakin ketat, tapi kemungkinan itu berlaku di daerah tertentu gt.

      bener ipk tidak menentukan kemampuan seseorang, tapi dari ipk tersebut seseorang dapat dilihat bahkan dapat dinilai,menurut pengalaman saya si kebanyakan begitu

      Hapus
    7. Apaan lu..ipk ya menentukan seseorg donk..kl gk ngapain gw susah2 dptkn ipk tinggi..wkwkkw

      Hapus
    8. Apaan lu..ipk ya menentukan la..kl gk buat apa gitu capek2 kuliah ngejar nilai tinggi..mending mlas2an j

      Hapus
  3. Semoga rejekiku disitu...

    BalasHapus
  4. Terima kasih telah memberikan informasi, saya ingin bertanya, tadi di artikel nya admin, salah satu syarat nya adalah lulusan S1 dan D3, apa itu berarti lulusan SMA tidak bisa ikut? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk lulusan SMA tidak akan dibuka pada tahun 2018 ini

      Hapus
    2. Gimana misalnya saya tinggal di Palembang/prabumulih, tetapi saya mau tes nya dikepulauan batam/tanjung pinang,apakah KTP sama KK hrus domisil di tanjung pinang jga? Mohon penjelpenjelsannyaasannya

      Hapus
    3. Harus buat domisili kalo cpns daerah, beda kalo cpns pusat kan tesnya dipusat ya boleh mendaftar walaupun tidak lagi berdomisili ditempat KTP

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Boleh saja ikut... tidak ada masalah... cari dimana formasi yang ada pendidikan terakhir kamu...

      Hapus
    6. Kalau D3 kebidanan yang belum ada STR bisa nggak melamar

      Hapus
  5. Kok akreditasi perguruan tinggi menjadi persyaratan lagi? Bukannya info terakhir cukup terakreditasi dan dilampirkan bukti akreditasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau DIII kebidanan stikes citra husada mandiri kupang bisa tdk kak ? Kmpusnya akreditasi B

      Hapus
  6. Kalau lulusan DIII kebidanan terakreditas B dari Institut Kesehatan Deli Husada bisa mendaftar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kalo ada dibuka tenaga Kesehatan pada CPNS 2018, tapi insyaallah akan dibuka juga tenaga kesehatan karena itu prioritas pada cpns tahun ini

      Hapus
    2. KESEHATAN....PENDIDIKAN.....KESEHATAN.....PENDIDIKAN..... YG KAMI TEKNIK INFORMATIKA BAGAI MANA PAK????????

      KALAU DIDAERAH.... BAPAK TINJAU AJA TEKNOLOGI NYA KURANG PAK..... MALAHAN ORANG YG LULUSAN TEKNIK INFORMATIKA MENJADI HONORER DIA SANGAT BERPERAN... KARNA APA YG LAIN KURANG PAHAN DENGAN ITU... JGN KAN MURID2 SEKOLAHAN, GURU ATAU PUN ATASANNYA LAGI MASIH BANYAK YG GAPTEK.... MOHON PENGERTIANNYA... KAMI ANAK INFORMATIKA TAPI TIDAK ADA AKTA... APAKAH BISA IKUT DAFTAR????

      Hapus
  7. Semoga rejeki ku d sni,
    Amiin

    BalasHapus
  8. Mulai pendaftaran kpn ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaallah Bulan Maret CPNS 2018 akan segera diumumkan Secara resmi

      Hapus
    2. Kalau saya belom lulus kuliah/ saya skrg smt5 boleh ikut tes cpns

      Hapus
  9. Kalo boleh tau, jika KTP daerah tesnya dimana ya ?? Sekarang posisi saya sedang tidak didaerah setempat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus mendaftar di Daerah Asal atau Bisa Domisili sekrang asal punya surat keterangan Domisili

      Hapus
    2. Lulusan s1 Universitas terbuka ipk 2.50 bisa gak y?

      Hapus
  10. Klo tinggal di sumatera utarA, namun KTP balikpapan kalimantan timur bisa ngga ya ikut tes di sumut

    BalasHapus
  11. Kalau tes CPNS Guru nanti ada atau tidak?

    BalasHapus
  12. Balasan
    1. Iya nih..sama d2 bisa gak ?

      Hapus
    2. kita tunggu saja pengumuman resminya, tapi kayaqnya hanya untuk S1 dan S2 aja untuk cpns 2018 ini

      Hapus
    3. sayang sekali peluang utk pendidikan sma sudah tidak ada lagi dong..

      Hapus
  13. Lulusan SMA bisa tdk?

    BalasHapus
  14. Untuk lulusan SMA bisa juga kan?

    BalasHapus
  15. Saya dari kampus terakreditasi c jadi gk bisa mengikuti

    BalasHapus
  16. web tidak bisa di buka, tolong bantu share web pendaftarannya, terima kasih.

    BalasHapus
  17. Kapan ini ya... minta Alamat email nanti di tujukkan kemana

    BalasHapus
    Balasan
    1. penfaftaran cpsn 2018 masih belum dibuka karena masih dalam tahap penghitungan kebutuhan formasi,, harap sabar ya maret atau april insyaallah akan dibuka

      Hapus
    2. Saya lukusan S1 PGsd universitas Terbuka punya IPk tdak mencapai 2,75..akreditas B.punya akta 4 dari Kampus.. Apa bisa mendaftar ..tolong di simak

      Hapus
  18. Jika saya lulusan universitas swasta tapi dari S1 farmasi, dan akreditas kampus b, program studi c, bisa ttp daftar? Dan kenapa akrdtas harus mnjadi syrat kan kita juga sama2 berupaya bljar di univ itu. Mohon dijawab ya mbk mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak semua instansi yang nanti buka cpns 2018 akan diwajibkan harus minimal akreditasi B,, masih banyak kok yang ga harus syarat akreditasi, ditunggu saja nanti syarat cpns 2018 setelah diumumkan Kemenpan-rb

      Hapus
    2. Yg ipk di bawah 2,75 gak bisa ikut daftar gan?

      Hapus
  19. bulan ini sudah tutup ya?, akan dibuka kembali bulan maret ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cpns 2018 masih dalam penetapan formasi, jadi kemungkinan maret april ini sudah ada pengumuman resmi terkait rekrutmennya

      Hapus
  20. Harus ada bukti akreditasi jurusan juga? Klu tdk ada gimana? Soalnya sya kan sudh tinggal di daerah,tp lulusan dari universitas yang di jakarta. Gimna ya? Mohon penjelasannya. Trmaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung instansi yang buka cpns nanti, ada yang akan diwajibkan dan ada juga yng tidak. akreditasi kan bisa dicek online nanti bisa cetak sendiri

      Hapus
  21. Kalau tes cpnsnya nilai IPK nya lebih d bawah sdkt dr standar minimal yng di tetapkan tdk bisa ikut tesnya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. jelas tidak bisa saudara kalo tidak memenuhi persyaratan. Untuk Persyaratan resmi cpns 2018 kita tunggu dulu, itu masih gambaran saja tapi kemungkinan besar akan berlaku sama karena syarat diatas adalah persyaratan cpns 2017

      Hapus
    2. Ya, IPK saya juga dibawah 2,75? saya kuliah di Universitas Terbuka, soalnya disitu susah mendapat IPK 2.00 aja itu sudah paling susah tu waktu itu sama dengan teman2 saya juga seperti itu....
      Gimana tu? Kami ingin juga ikut tes CPNS 2018 ini

      Hapus
  22. Balasan
    1. Seleksi cpns 2018 akan lebih diprioritaskan untuk tenaga pendidikdan dan kesehatan. Jadi CPNS Guru akan ada untuk tahun 2018

      Hapus
    2. Untuk IPK,bisa digabung antara D2 dg S1 'nya ga???

      Hapus
  23. Siapa yg jual kaset cs soal kisi kisi atau gambaran soall cpns... Info donk.... Biar belajar dari sekarang

    BalasHapus
  24. Bgmn dgan kita yg honor sudah bertahun2 di daerah papua apakah harus mengikuti formasi umum ikut test lagi secara honor uda bertahun2 masa ikut formasi umum lagi ngak lgsg pengangkatan gitu?kalah saing dong dgan yg baru2 lulusan kemarin

    BalasHapus
  25. Apakah hanya cpns daerah saja atau dgn cpns pusat juga tidak membuka formasi lulusan SMA?

    BalasHapus
  26. Kalau untuk jurusan D4 kebidanan belum memiliki STR karena baru saja uji kompeten tapi di nyatakan lulus, dan STR masih proses apakah bisa mengikuti seleksi CPNS. Mohon informasinya Terima Kasih

    BalasHapus
  27. TD DI PERSYARATAN KHUSUS ADA TES TOEFL NYA, JD AKAN ADA TES TOEFL ?SAYA DARI KAB GARUT.DAN APAKAH MEMANG HRS BISA BERBAHASA ASING?MHN INFO

    BalasHapus
  28. DI PERSYARATAN KHUSUS ADA TES TOEFL? DAN APAKAH HRS BISA BHS ASING?SAYA DARI KAB GARUT. MOHON INFO.

    BalasHapus
  29. apakah formasi D4 keperwatan akan ad? karena D4 jg kan setara dengan S1...
    mudah-mudahan akan ada 😇

    BalasHapus
  30. saya masih semester 4, prodi teknik sipil. apakah bisa mendaftar ?

    BalasHapus
  31. Elisa Sudarsono adisan8 Maret 2018 pukul 16.13

    Selamat Pagi Pak/Ibu..Saya mau tanya apakah jika mengirim kelengkapan berkas apakah disertai surta permohonan kerja atau surat lamaran kerja. Trimah kasih mohon di jelaskan Pak /Ibu

    BalasHapus
  32. Pendidikan trakhir saya dipalu.tp saya asli orang luwuk. Apa bsa sy mendaftar dipalu ? Dan apakah toefl diharuskan?

    BalasHapus
  33. Maaf mau bertanya..kalau KTP nya udah mati bisa nga untuk mendaftar...

    BalasHapus
  34. Kalo saya masih kuliah smester 3, ipk 3 koma sekian, apa boleh mendaftar? Saya kuliah di BSI akreditas B...

    BalasHapus
  35. Kalau untuk guru harus ada sk kinerja gaak?

    BalasHapus
  36. D3 keperawatan brrti masuk kategori ya pak? Mohon jawabannya terimakasih

    BalasHapus
  37. Untuk d3 keperawatan brrti masuk kategori y pak? Mohin advice terimakasih

    BalasHapus
  38. Apakah bisa untuk lulusan smk/sma?

    BalasHapus
  39. assslm....... apakah ada untuk jurusan teknologi informatika??????

    kami juga mau mencoba daftar PNS........ Kani juga ingin jadi PNS.....

    BalasHapus
  40. kalau hanya untuk pendidikan n kesehatan trus nasib kami yg teknik informatika bagaimana??????????

    KAMI JUGA MAU JADI PNS....

    BalasHapus
  41. Saya sudah lulusan s1 keperawatan. Skr ini saya lg mengambil Profesi ners dan baru selesai bulan 6. Apakah saya bisa mendapat kesempatan utk melamar dgn memakai ijazah S1 ?

    BalasHapus
  42. Pendaftaran ny buka kapan ?

    BalasHapus
  43. Bagaimana kalau sedang menjalani kuliah dan sedang berada di semester 6 apakah bisa mendafatar min?

    BalasHapus
  44. Siap......
    Kapan Bisa Mulai pendaftaran?

    BalasHapus
  45. Jgn sampai terulang kembali kaya tahun yg lalu.

    BalasHapus
  46. Bagaimana yang terakreditasi C, apakah tidak boleh mendaftar?

    BalasHapus
  47. Mau nanya min
    Saya tinggal di jakarta tapi saya mau ngambil tes didaerah kalimantan
    Bisakah saya tes di jakarta?
    Atau tesnya harus di daerah tsb ya?
    Trima kasih

    BalasHapus
  48. terima kasih infox admin

    BalasHapus
  49. Saya GELAR S1 lulusan UNiVERSITAS TERBUKA DENGAN IPK DIBAWAH 2.75... APA saya tidak bisa daftar.. Saya pux akta 4 dri UNIVERSITAS TERBUKA

    MOHON PENJELASANNYA PAK

    BalasHapus
  50. masih ada bukaan smpe bulan ini admin?

    BalasHapus
  51. Mohon pencerahan nya admint, kira-kira kapan dimulai pendaftaran cpns untuk tahun ini ya .. Terima kasih.

    BalasHapus
  52. Sudah mau awal juni... formasi pns belum jg di umunkan ya????

    BalasHapus
  53. jadi kira-kira kapan pendaftarannya dibuka ?

    BalasHapus
  54. Lulusan diplomaIII perpustakaan Bleh ikutan gak pak Soalnya tertera di atas gak Ada untuk diplomaIII

    BalasHapus
  55. tesnya dalam bulan apa dan tanggal berapa?

    BalasHapus
  56. Tanggal dan bulan tesNya kapan k?

    BalasHapus
  57. Min mau bertanya masalah akreditasi jurusan, akreditasi jurusannya itu waktu lulus atau dengan akreditasi yang terbaru ya?

    BalasHapus
  58. Untuk tenaga honorer yg nengabdi lebih dari 5 tahun dan mau mengikuti tes cpns akan tetapi umurnya melibihi 35 tahun, apa bokeh? Ada pengecualiannya gak utk umur dr tenaga honorer? Mohon pencerahannya..,trimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
  59. Apakah tidak ada toleran bagi pelamar yang jlh IP nya kurang dari 2.75 cthya:2.45....????

    BalasHapus
  60. Akreditasi prodi masih C..😫 ya Allah

    BalasHapus
  61. Assalamualaikum mf mau nanya admin, klo tes khusus yg di maksud di atas untuk nilai cumlaude, gimana ya? Brti nilai cumlaude, magna cumlaude dan summa cumlaude tes nya secara khusus ya? Trima kasih. Di tunggu jawaban ny

    BalasHapus
  62. Assalamualaikum mf mau nanya admin, klo tes khusus yg di maksud di atas untuk nilai cumlaude, gimana ya? Brti nilai cumlaude, magna cumlaude dan summa cumlaude tes nya secara khusus ya? Trima kasih. Di tunggu jawaban ny

    BalasHapus
  63. mau nanya..? klo misal sarjana teknik arsitektur,ipk 3,23 teragreditasi (A) bisa masuk ngk all jadi PNS

    BalasHapus
  64. Sekarang sudah mei...kapan sebenarnya tes cpns dbuja

    BalasHapus
  65. Masa sms/smk tidak ada...

    Brati yg cuma ijazah sma/smk nganggur dong??
    Padahal yg sarjana belum tentu kerjanya nanti lebih baik yg sma/smk

    BalasHapus
  66. Masa sma/smk gk bisa
    Gk adil dong..
    Sedangkan blm tentu yg s1 kerjannya lebih baik yg sma

    BalasHapus
  67. Maaf, apakah benar jika persyaratan cpns guru harus memiliki gelar (Gr.) ?

    BalasHapus
  68. Ini admin bilang lulusan SMA GK akan di buka dapat kabar resmi dari siapa min

    BalasHapus
  69. Harus ya fotocopy ijasah dilegalisir?Masa saya harus pulang kampung utk minta ijasah di legalisir.. Susah jg prrsyaratan nya ya...

    BalasHapus
  70. Kalau ijazah S1 belum ada, karena baru mau wisuda tgl 25 juli. Bisa ikut daftara cpns juga ngak?

    BalasHapus
  71. Bapak admin mau tanya
    Dulu pas saya masuk awal kuliah kampus saya akreditasi B.. Tapi setelah lulus akresitasi kmpus saya menjadi C karna kelengkapan alat laboratorium yg kurang.
    Jadi pas lulus c akrednya dan sekarang sedang proses akreditasi.. Akreditasi ada masa berlakunya ya bpk admin..
    Dan di ijazah saya BAN-PT No. SK:149/SK/BAN-PT/Ak-XIII/Dpl-III/VI/2013
    Apakah saya bisa mengikuti pendftaran trsebut atau tidak bapak admin dengan akred sekarang c dan sedang proses...
    Tolong di jawab pak admin.Trimakasih

    BalasHapus
  72. nurrahmayani12111@gmail.com24 Juli 2018 pukul 06.50

    Saya mw tanya untuk lulusan D-III kan ada persyaratan ijazah SD, SMP n SMA, itu fotocopy harus yg dilegalisir kahh atau tidak??

    BalasHapus
  73. Tolong di jawab serius. Punya ijazah s1 keperawatan tpi blom punya STR krn blom lnjut NERS, kira2 bisa ikut CPNS gk..?

    BalasHapus